Sabtu, 26 Oktober 2013

Blogger dan kontesnya

Kalian pernah nggak ikutan kontes kontes yang biasanya ada diblog. Gue seneng banget diajakin ikutan kontes di blogger. Soalnya gue hobi buka bukain blogger orang. Dari blogger bapak-bapak, anak kuliahan, sampe yang blogger alay punya orang-orang seangkatan gue. Dari yang instansi terkenal, blogger orang-orang famous, sampe yang baru bikin blogger sekali pun. Apalagi kalau mereka bkin kontes, dengan hadiah yang mengiurkan. Aah… ini cerita tentang blogger dan kesialan yang menimpa gue.
>>> 
                Kemaren, gue baru aja nemuin blogger yang bikin perlombaan untuk menyambut hari kemerdekaan Indonesia. Bloggernya om om pengusaha dari bandung, yang iseng banget bikin kontes. Jadi, kontesnya itu seperti ini. Kita disuruh ngarang cerita pendek tentang Indonesia. Hadiahnya sih nggak begitu menggiurkan, tapi karena gue Indonesia banget, dan gue bisa ngarang cerita. Jadi gue mau coba ikutan kontes ini. Hadiahnya simpel. Pulsa sebesar seratus ribu rupiah untuk lima belas pemenang.  Lumayanlah, jadi sebulan penuh ini gue nggak ngeluarin duit buat beli pulsa. Dan pas banget ini kontes memang diperuntukan kepada anak anak yang usianya 12 tahun sampai 16 tahun. Ceritanya bakal dikirim pada tanggal 17 agustus. Dan sekarang tanggal 16, jam 7 malam. Sampai sekarang cerita belum gue buat. Pas baru mau dibuat ada anak tikus kecil yang iseng banget gangguin gue, Tania Dewi Maharani, adik gue.
 “mas, adek mau pinjem laptop mas buat bikin tugas makalah mas.”
“komputer bisa kan?” gue coba cariin alternatif lain supaya ntu laptop kagak di pinjem
 “nggak bisa mas, keyboardnya masih belum diperbaiki papa.”
 “oh iya deh, bisa. Tapi bentaran aja ya. mas soalnya mau pake buat ikutan kontes”
 “kontes apa mas? Blog lagi?” Tania mulai kepo
Tania yang alay ini akhirnya kepo sama apa yang mau dilakuin abangnya. Tania suka iri hati kalau gue sering menang kontes yang di blog. Cuma dua kali sih sebenarnya gue menang. Tapi tetep aja dia iri. Dia itu sebenarnya pesaing utama gue. Kenapa? Karena disetiap kontes yang sering gue ikutin, ternyata dia juga ikutin itu, dan dari tigapuluhan kontes yang gue ikutin, gue cuma pernah menang dua kali. Tetapi Tania udah pernah menang lima kali. Gue nggak terima.
 “kamu tu kerjain aja tugas kamu. Mas mau pergi bentar ya, pokoknya pas mas udah pulang kerumah itu laptop udah tersusun dengan indah ya di atas meja. Awas ya!”  Gue mencoba mengalihkan pertanyaan beliau.
 “iya mas Tania Cuma mau tambahin sedikit aja materinya. Selebihnya sih udah”
Adik manis nan lembut hati ini selalu menuruti peraturan abangnya.
*tereteret…. Tereteret…. tereteret….* Ringtones hape gue bunyi. jambul nelpon
 “ya mbul. Ada apa?”
 “ky, ky lo harus kesini. Ini gue di kafe kita. Gue dalam bahaya ni cepetan” (suaranya panik)
Tit..tit..tit.. sumpah ini anak sok misterius. Gue juga panik, dan langsung ambil kunci motor gue di dalam lemari. Gue kepikiran aneh aneh tentang jambul. Dia kenapa ya? gue takut aja kalau dia ikut tawuran bareng anak anak sma lain,dia digangguin waria waria café yang doyannya sama anak-anak SMA, atau dia lagi diincar sama penjambret metropolitan yang jam jam segini sering berkeliaran. Dugaan-dugaan itulah yang membuat gue gopoh banget sepanjang jalan untungnya gue udah siapin silet sama catter di saku celana.  Jadi jambul dan gue akan aman, tentram dan terkendali.
Pas udah nyampe di café kita gue liat jambul lagi duduk dengan tenangnya nulis sesuatu di meja nomor tiga. Gue periksa lagi. Nggak ada yang tawuran, nggak ada waria, nggak ada juga yang mencurigakan disekeliling si jambul. Ampun dah, gue dibohongi ternyata.
 “lo bohongin gue kan” gue kesel
 “lo itu kayak nggak pernah aja gue bohongin ky.”
 “terus ngapain ni gue kesini”
 “duduk aja dulu. Tadi gue beli makanan ini. Gue kenyang banget. Ini makanan versi super jumbo.  Gue nyuruh lo buat ngabisin makanan ini. Daripada mubazir kan?”
Sambil nyodorin nasi goreng sea food versi super jumbo yang dia beli seharga tiga puluh ribuan. Ini si jambul tau aja temennya belum makan.
 “okelah” sambil ngambil sendok baru di atas meja “
lo lagi ngapain sih? Kayaknya sibuk banget?” gue nambahn pertanyaan
 “ini lagi nulis lirik lagu. Mau bikin lagu”
 “dalam rangka?”
 “bentar lagi anniv ni sama Marinda, mau bikin yang spesial buat dia. Jarang banget soalnya ngasi kejutan pas anniv”
Muhammad rinaldy bagjata , aslinya memang seperti ini romatis, dramatis dan fantastis. Tapi dari sekian banyak pacar pacar jambul yang gue tau. Gue paling suka  pas dia sama Miranda. Nggak matre, nggak over protective, dan yang paling penting dia lebih cepet akrab sama teman teman Jambul.
 “oh iya deh. Eh gue mau ikutan kontes ni, kontes tujuh belasan. Mau buat cerpen tujuhbelasan gitu. Ada ide nggak? Gue lagi malas banget mikir”
 “pake cerita tujuh belasan gue aja”
 “yang mana coba?”
 “yang waktu itu pernah gue ceritain.”
 “oh iya iya, tapi rada lupa sih sama cerita itu, abisnya udah lama banget”
Jambul akhirnya mengingatkan gue dengan cerita dia pas tujuh belasan dulu sekitar tiga tahun yang lalu. Saat dia bangga memenangkan lomba mewarnai di acara tujuh belasan kompleknya.  Setelah hampir enam tahun tidak pernah menyetak sedikit prestasi pun akhirnya penantian panjang jambul untuk bisa menang di acara ini dapat tersalurkan dengan baik. Dan mampu memenangkan suvenir cantik berupa handuk kuning kecil. Dia hampir saja meneteskan air mata dikala itu. Nah itulah cerita singkatnya.
Pikiran gue langsung terbuka cermerlang… gue memutuskan buat mengadopsi cerita jambul beserta handuk kecilnya itu.
“oh iya gue harus cepetan pulang ni, udah malem ntar gue nggak telat ngepost nih, gue pulang dulu ya. makasih bro makanannya”
 “yo’I sama sama” jambul pun akhirnya gue tinggalkan dalam kesunyian malam
Gue pun memutuskan buat pulang kerumah tepatnya jam sembilan malam.
Sesapainya dirumah gue pun langsung masuk kamar dan… untungnya tu laptop udah tergeletak di atas meja. Tania memang tikus kecil yang pinter. Satu persatu kata gue susun, gue kumpulin, gue pisahin antar yang bagus sama yang jelek, sambil sedikit nambahin cerita boong gue. akhirnya cerita itu selesai. Gue pun langsung ngirimin tu cerpen ke email om bandung pembuat kontes.
Sekitar  menunggu sekian lamanya, tepatnya di tanggal 17 agustus  jam dua petang. Eng ing eng pemenang pengumuman itu akhirnya diumumkan. Gue kaget, sumpah… nama gue ada di daftar nomor Satu
Gue histeris teriak sekuat tenaga
 “gueeeee meenaaaaaang cuuuuuy!!!”
Itu rumah gue rasa lagi kena gempa tektonik sekitar 3,8 skala richter. Mama pun langsung nyamperin gue di kamar atas.
 “mas menang kontes ma di blogger HAHAHA” gue langsung menetralkan suasana
 “ih kirain mama ada apa.” (langsung menutup pintu kamar gue)
Ah… mama emang kurang bisa nyampaikan expresi excited nya.
Ini untuk ketiga kalinya gue menang berturut-turut dari sekian banyak kontes yang gue ikuti. blog itu bilang kepada para pemenang harus dapat mengirimkan nomor hape mereka kembali, untuk menerima pulsa sebesar seratus ribu rupiah.
Buru buru gue langsung kirimin nomor handpone gue ke emailnya.
Jengggg… gue tekan tombol “send”
Gue langsung aja tidur, sambil nungguin itu pulsa nyampe ke handphone gue
Pas pagi datang, barang pertama yang gue cek adalah handphone. Gue mau cek, itu pulsa udah masuk apa belum. Eh ternyata belum. Kok belum ya (pikir gue dalam hati). Gue positive thinking aja. Mungkin itu penjual pulsa lagi sibuk nyiapin anaknya sekolah sama suaminya pergi ngantor. Jadi gue nyantai aja. Selama lebih 12 jam gue tunggu, itu pulsa belum masuk juga.
Saking penasarannya, sepulang sekolah gue langsung coba cek email itu. Gue shock lagi… ternyata nomor yang gue kirim kurang satu digit.  
“Ah kampret….”  Gue hsteris lagi.
Kemenangan yang tidak tersampaikan. Ini judul dari kisah yang satu ini.

Nggak jadi menang itu memang sesuatu banget, Padahal kalau jadi, tadinya gue bakal nelpon si jambul kurang lebih tiga jam, biar kerasa menangnya. Mungkin karena niat gue ini tidak bagus, jadinya tuhan bikin niat ini nggak kesampaian. Gue nggak menang, nggak jadi menang.  Suatu saat nanti, jika om bandung ini bikin kontes kayak gini lagi, gue bakal ceritain ke dia tentang kisah ini. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar